Sabtu, 18 Februari 2023

WISATA IKONIK PANGANDARAN

Mendengar nama Pangandaran, sudah tentu yang terbayang adalah objek wisata berupa pantai. Padahal Pangandaran tak hanya suguhkan wisata pantai saja. Masih ada beberapa  tempat wisata Pangandaran yang bisa Anda eksplorasi.

Sejumlah tempat wisata di Kabupaten Pangandaran ini sangat layak untuk Anda kunjungi ketika berencana berlibur ke Pangandaran. Beberapa di antaranya berupa pantai, bukit hingga curug serta cagar alam yang eksotis.

Berlibur ke Pangandaran bisa menjadi keputusan yang tepat, khususnya untuk Anda yang mencintai objek wisata alam. Daftar wisata hits di Pangandaran berikut juga dapat menjadi spot healing terbaik untuk menyegarkan pikiran.

Anda tentu penasaran ada tempat wisata apa saja yang kerap menjadi destinasi favorit di Pangandaran? Ikuti informasi selengkapnya berikut ini.

1. Curug Luhur



    Pangandaran juga punya Curug Luhur yang tak kalah terkenal dengan wisata     curug di Bogor yang terbilang sangat bagus. Curug ini sangat istimewa karena     bentuknya unik. Air terjun membentuk formasi berundak-undak.

Saat debit air sedang cukup penuh, panoramanya sangat eksotis. Sebab walau berundak, air terjun ini cukup tinggi hingga puluhan meter. Cipratan airnya menciptakan garis pelangi yang mempesona.

Saat musim hujan dan saat cuaca cerah, debit airnya bagus. Warna air pada kolam alaminya juga sangat indah, yaitu hijau toska. Namun semua ini akan berubah saat musim hujan. Kolam alami di bawah curug ini tak lagi jernih.

Tapi, untuk mencapai lokasi air terjun ini Anda harus menyiapkan fisik dan mental. Sebab, dari lokasi parkir pengunjung harus berjalan kaki atau trekking sampai ke lokasi. Tapi pemandangan selama perjalanan juga indah.

2. Cagar Alam Pangandaran




Bagi pecinta alam, peneliti dan yang memiliki ketertarikan dengan hutan, kawasan Cagar Alam Pangandaran harus ada di dalam list. Cagar alam ini berada persis di sisi Pantai Pasir Putih dengan banyak pepohonan dan semak.Di dalam area hutan cagar alam ini terdapat sebuah gua dengan penampakan yang eksotis. Gua ini memiliki di bagian atasnya sehingga cahaya bisa masuk layaknya salah satu gua di tempat wisata Gunungkidul yang sudah buka,Gua Jomblang.


                                   
Selain hutan dan gua, di kawasan ini terdapat beberapa satwa,mulai dari unggas,mamalia dsb. Ada juga binatang rusa,monyet dan merak hijau yang sangat eksotis dan mempesona.

Satu hal yang sangat menarik adalah view pantai dari cagar alam ini. Apalagi saat sunset, panoramanya sungguh menakjubkan. Sedangkan ketika menuju pantai, airnya jernih dan ombaknya tenang, cocok untuk snorkeling.

3. Citumang Body Rafting




Berikutnya daftar tempat wisata ter-Hits di Pangandaran adalah Citumang Body Rafting. Biasanya, rafting itu menggunakan perahu karet dan melewati berbagai lintasan sungai berbatu.

Rafting di sini cukup berbeda karena tidak menggunakan perahu karet. Melainkan cukup memakai rompi atau jaket keselamatan. Itulah mengapa disebut body rafting. Olahraga ini sangat aman, jadi Anda tak perlu khawatir.


Cara memainkannya cukup unik. Setiap peserta akan memegang kaki [peserta lain sehingga akan terbentuk sebuah formasi. Semua peserta kemudian akan mengikuti arus sungai melewati beberapa 
spot seru. Salah satunya adalah sebuah gua.

Keseruan lainnya adalah bisa berfoto bersama saat sedang melakukan body rafting. Sebagai saran, datanglah pada saat musim kemarau sehingga airnya berwarna biru toska dan jernih.

4. Green Canyon Pangandaran




Jika di Amerika ada Grand Canyon, maka di Jawa Barat ada Green Canyon. Objek wisata alam Pangandaran ini sangat eksotis dengan air berwarna hijau dan dinding tebing yang penuh lumut.

Tebing batu ini sangat tinggi dan warna hijaunya yang ikonik sehingga wisatawan menyebutnya sebagai Green Canyon Pangandaran. Atraksi utamanya adalah menelusuri sungai dengan suguhan pemandangan yang sangat cantik.

Wisatawan akan menelusuri sungai dengan menggunakan perahu tradisional. Perahu akan berhenti di beberapa spot yang paling ciamik untuk berfoto, berenang, dan bermain air yang jernih.

Bahkan ada salah satu spot untuk terjun bebas atau melompat dari ketinggian dan jatuh ke dalam sungai. Pengunjung bisa membuat formasi tertentu seperti melingkar untuk keperluan fotografi.

5. Pantai Karang Nini




Pantai ini memiliki nama lain Coast Coral Nini. Nama ini berasal dari karakter pantai yang terdiri dari batuan karang dengan bentuk yang unik.

Pantai ini tampak indah dengan batuan karang di sekelilingnya. Pemandangan alamnya juga menakjubkan. apalagi pantai ini tidak terlalu ramai sehingga Anda bisa berfoto sepuasnya.


Menariknya adalah perjalanan menuju pantai yang sangat sejuk dan teduh. Sebab di sepanjang perjalanan Anda akan melewati hutan jati. Anginnya segar dan seolah memberikan semangat. Ada banyak spot foto instagramable juga.

Salah satunya adalah ayunan yang menghadap ke pantai. Ayunan ini terdiri dari balok kayu dan berdiri di atas batu karang. Foto di sini sangat mengesankan ketika sunset. Suasananya terkesan syahdu dan romantis.

6. Pantai Pangandaran



Pangandaran memiliki atraksi utama berupa pantai dengan garis yang sangat panjang, pasir putih, dan panorama dramatis di tiap sudutnya. Jumlah pantainya
sangat banyak dan ada Pantai Timur dan Barat Pangandaran.

Keduanya adalah Pantai Pangandaran, hanya berbeda letaknya. Di Timur, pengunjung bisa menyaksikan sunrise, sedangkan di barat bisa melihat sunset. Tapi, secara keseluruhan keduanya menawarkan pemandangan indah.

Pengunjung bisa bermain di pasirnya yang lembut atau bermain ombak di pinggir pantai. Harus tetap hati-hati jika bermai

n air karena karakter ombaknya yang cukup tinggi dan besar.

Selain bermain-main di pinggir pantai, pengunjung juga bisa bersantai dan nongkrong di beberapa tempat yang cozy. Misalnya di coffee shop atau cafe terdekat sambil menikmati secangkir kopi nikmat.

7. Pantai Batu Hiu




Destinasi wisata unggulan Pangandaran selanjutnya adalah Pantai Batu Hiu. Pantai ini memiliki ukuran cukup kecil dan pasirnya berwarna hitam. Adapun atraksi utamanya adalah formasi batunya.

Pantai eksotis ini memiliki nama batu hiu sebab ada sebuah batu yang bentuknya mirip dengan ikan hiu. Batu ini berukuran besar, panjang, dan menjorok ke arah laut.

Atraksi utama pantai ini adalah pemandangan alamnya yang sungguh menakjubkan. Spot utamanya adalah berada di atas formasi batu berupa gazebo untuk menyaksikan sunrise karena pantai menghadap ke Timur.

Pantai ini lebih cocok sebagai spot foto. Ada banyak spot foto instagramable yang bisa Anda abadikan dan bagikan ke media sosial. Misalnya foto di dekat pantai, di gazebo, di taman dengan latar golden sunrise.

8. Pantai Batu Karas




Objek wisata yang satu ini merupakan perpaduan nuansa alam antara objek wisata Pangandaran dan Batu Hiu dengan suasana alam yang tenang, gelombang laut yang bersahabat dengan pantainya yang landai membuat pengunjung kerasan tinggal di kawasan ini. Terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran.


Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia. Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan.

Layaknya Pantai Seminyak Bali, di sini pengunjung bisa melakukan surfing atau selancar. Ada beberapa spot surfing di pantai ini yang cocok untuk pemula dan ada juga yang cocok untuk peselancar berpengalaman.


Karakter ombaknya memang cukup besar dan tinggi sehingga menjadi pantai favorit para peselancar. Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke pantai ini, akan melihat banyak peselancar yang sedang melakukan atraksi di atas ombak.

Selain ombaknya, tentu saja pantai eksotis ini juga memiliki panorama eksotis. Salah satu suguhan utamanya adalah view golden sunrise-nya yang mengagumkan dan spektakuler. Bahkan jadi salah satu yang terbaik.

9. Pantai Karapyak 



Lokasi pantai ini lebih dekat ke Pulau Nusakambangan daripada Pantai Pangandaran. Tapi keindahan dan pesonanya tidak perlu Anda ragukan.

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dengan warna putih cerah. Ada batuan karang juga di sepanjang pantai. Pantai menghadap ke Selatan sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset.

Jika ingin bermain di pantai ini, sebaiknya menggunakan alas kaki terutama ketika berdiri di dekat batu karang. Sebab sebagian batu karang ini tipis dan licin sehingga berpotensi untuk melukai kaki.

Ketika air surut, banyak genangan air di sekitar batuan koral. Biasanya ada banyak binatang laut seperti ikan, bintang laut, dan banyak lagi. Overall, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan hari libur di akhir pekan.

10. Santirah River Tubing


Daftar tempat wisata Pangandaran yang terakhir adalah Santirah River Tubing. Tidak jauh berbeda dengan river tubing lainnya, tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam di sekitar sungai dan atraksi menantang. Green Santirah dapat menjadi pilihan kamu dalam melakukan kegiatan river tubing maupun body rafting. Dengan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan, dan juga waktu yang cukup lama.

Lokasi Green Santirah berada di alamat Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Jam operasional Green Santirah dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Dengan batas waktu maksimal di sore hari pada pukul 15.30.

Santirah River Tubing juga bisa menjadi alternatif lain jika Green Canyon tutup atau terlalu ramai pengunjung. Air sungainya jernih dan dingin. Bahkan saat musim hujan sekalipun, airnya masih tetap memukau.


Pengunjung akan berpetualang dengan seorang guide menyusuri keindahan Sungai Santirah. Untuk melakukan rafting, pengunjung akan menaiki ban besar. Sambil tiduran terlentang, aliran sungai akan mendorong ban.Jika datang bersama rombongan tentu lebih seru lagi. Di titik tertentu, guide akan membiarkan wisatawan bermain dan berfoto dengan berbagai formasi unik. Misalnya dengan membuat lingkaran di atas air sungai.


0 komentar:

Posting Komentar